PENGARUH STRATEGI MULTI LEVEL MARKETING, HARGA, DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Main Article Content

Ida Rachmawati
Nurul Hidayatinnisa'
Ita Rifiani Permatasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh strategi multi level marketing, harga, dan product knowledge terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada 70 responden yaitu seluruh konsumen produk Herbalife di Bless Fit Club Jombang. Analisis data menggunakan analisa deskriptif, uji kuesioner, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis.


Hasil pengujian menunjukkan bahwa strategi multi level marketing dan product knowledge berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi multi level marketing, harga, dan product knowledge bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Herbalife perlu meningkatkan komunikasi dengan konsumen. Salah satunya terkait kesesuaian harga dengan mutu produk agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk Herbalife. Selain itu, Herbalife perlu mengoptimalkan strategi multi level marketing dan product knowledge yang telah diterapkan sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Article Details

How to Cite
Rachmawati, I., Hidayatinnisa’, N., & Permatasari , I. R. (2024). PENGARUH STRATEGI MULTI LEVEL MARKETING, HARGA, DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN . Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(2), 325–333. https://doi.org/10.33795/jab.v10i2.4432
Section
Articles