PENGARUH CITRA MEREK DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KOTA MALANG

Main Article Content

Ajeng Putri Hapsari
Arni Utamaningsih
Nurul Hidayatinnisa'

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian produk Indomie di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatory pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisioner yang disebarkan kepada 100 responden pengonsumsi mi instan merek Indomie. Teknik pengambilan sampling dengan menggunakan metode tak acak teknik sampel haeterogen dengan setiap respondennya mewakili kecamatan di Kota Malang yaitu Kecamatan Kedung Kandang, Kecamatan Sukun, Kecamatan Blimbing, Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Klojen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kuisioner, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan keragaman produk berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian produk Indomie di Kota Malang secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Dari hasil penelitian ini perusahaan diharapkan dapat mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap merek Indomie dengan cara memperluas lagi saluran distribusi baik didalam negeri maupun di manca negara karena untuk meningkatkan citra merek Indomie. Indomie juga diharapkan terus berinovasi menciptakan produk-produk baru yang memiliki nilai berbeda dengan pesaing dimata masyarakat untuk meningkatkan keragaman produk Indomie.

Article Details

How to Cite
Hapsari, A. P., Utamaningsih, A., & Hidayatinnisa’, N. (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KOTA MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(2), 347–353. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/4035
Section
Articles