PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARAM LOSOSA

Main Article Content

Ridha Firdaus
Rena Feri Wijayanti

Abstract

Kebutuhan garam untuk konsumsi di Indonesia terus meningkat, namun konsumsi garam yang berlebih akan berdampak buruk pada kesehatan. Dan garam Lososa merupakan jawaban dari permasalahan tersebut sebagai garam untuk kesehatan. Citra sebuah merek dan kualitas produk dapat membangun minat dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian garam Lososa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel bebas citra merek dan kualitas produk serta keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel100 orang dengan kriteria responden berusia 30 tahun ke atas, berdomisili di Malang dan pernah mengonsumsi garam Lososa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi pengaruh variabel yang diteliti sebesar 60,7 persen dan 39,3 persen dipengaruhi variabel yang tidak diteliti. Hasil uji t pada variabel citra merek dan kualitas produk memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan signifikansi di bawah 0,05 artinya variabel citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa citra merek dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian  Lososa.

Article Details

How to Cite
Firdaus, R., & Wijayanti, R. F. (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARAM LOSOSA. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 203–210. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.4505
Section
Articles