PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GAS DI PT PERUSAHAAN GAS NEGARA TBK

Main Article Content

Nabila Nur Hakiki
Arni Utamaningsih

Abstract

Kualitas produk dan harga merupakan dua elemen penting yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian. Kedua elemen ini saling berkaitan karena dalam proses penentuan harga barang, produsen harus memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah kualitas produk. Tetapi dalam keputusan pembelian gas bumi di PGN Area Bojonegoro & Sekitarnya yang dilakukan oleh para pelanggan masih menimbulkan banyak praduga. Dimana pelanggan mengeluhkan harga yang tidak sesuai harapan setelah memutuskan untuk membeli. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian survei. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.730 pelanggan dengan sampel penelitian sebanyak 97 pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui whatsapp blast. Metode sampling yang digunakan adalah metode probability sampling dengan teknik sampling yaitu simple random sampling. Analisa data menggunakan uji regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesa. Hasil penelitian kualitas produk dan harga secara partial maupun simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Diharapkan dapat mengadakan sosialisasi untuk mengedukasi dan meningkatkan pemahaman pelanggan perihal kualitas produk dan harga yang diterapkan untuk menghindari kesalahpahaman yang diakibatkan dari kurangnya informasi yang diberikan.

Article Details

How to Cite
Hakiki, N. N., & Utamaningsih, A. . (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GAS DI PT PERUSAHAAN GAS NEGARA TBK. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 223–228. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.571
Section
Articles