PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK HANASUI DI TIKTOK

Authors

  • Ayun Kurnia Sari Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Joko Samboro Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v11i1.6056

Keywords:

viral marketing, kualitas produk, keputusan pembelian, lipstik Hanasui

Abstract

Banyak perusahaan bermunculan yang menawarkan berbagai produk lipstik kepada masyarakat Indonesia. Salah satu produk lipstik yang sering dibicarakan di Tiktok adalah lipstik Hanasui. Dengan banyaknya pesaing yang bermunculan perusahaan lipstik Hanasui perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Viral marketing dan kualitas produk menjadi faktor yang sering diperhatikan konsumen sebelum mengambil keputusan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk lipstik Hanasui di Tiktok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden berjenis kelamin wanita dan yang pernah melakukan pembelian dan mengunakan produk lisptik Hanasui. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel viral marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel viral marketing dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan Hanasui dapat meningkatkan viral marketing dan kualitas produk sehingga dapat meningkatkan pembelian pada produk lipstik Hanasui.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Sari, A. K., & Samboro, J. (2025). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK HANASUI DI TIKTOK . Jurnal Aplikasi Bisnis, 11(1), 30–37. https://doi.org/10.33795/jab.v11i1.6056

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>