PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPATU VENTELA (Studi Pada Mahasiswa Prodi D-IV Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang)

Main Article Content

Ainayah Rizqi Dafanti
Rulirianto

Abstract

Pada era ini, perusahaan sepatu memerlukan strategi pemasaran salah satunya mempelajari perilaku konsumen terutama pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap produk sepatu sneakers. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen sepatu Ventela pada mahasiswa D-IV Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa D4 Manajemen pemasaran Politeknik Negeri Malang. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner. Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesa. Hasil analisa determinan menunjukkan nilai adjusted R Square  sebesar 0,603 yang berarti kontribusi variabel citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen sepatu Ventela sebesar 60,3 persen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa citra merek dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela. Diharapkan Ventela selalu meningkatkan citra merek dan harga produk sehingga kedepannya dapat meningkatkan keunggulan bersaing.

Article Details

How to Cite
Dafanti, A. R., & Rulirianto, R. (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPATU VENTELA (Studi Pada Mahasiswa Prodi D-IV Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 19–24. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.3257
Section
Articles