PENGARUH KEMASAN DAN DISPLAY PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAMPUNG COKLAT BLITAR
Main Article Content
Abstract
Kemasan dan display produk merupakan strategi pemasaran kreatif yang digunakan perusahaan untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemasan dan display produk terhadap keputusan pembelian di Kampung Coklat Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel kemasan dan display produk sebagai variabel independen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang diberikan kepada 90 pengunjung Kampung Coklat Blitar sebagai responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,282. Ini berarti bahwa besarnya pengaruh kemasan dan display produk terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 28,2 persen sedangkan sisanya 71,8 persen dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemasan dan display produk secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Diharapkan Kampung Coklat Blitar dapat terus memaksimalkan penciptaan kemasan dan display produk agar konsumen selalu tertarik berbelanja dan tetap melakukan keputusan pembelian.