PENGARUH ENDORSEMENT DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BLOUSE WANITA PADA APLIKASI TIKTOK (tiktok: Adhiva Amalia)

Main Article Content

Rahmatillah
Tundung Subali Patma

Abstract

Salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Tiktok. Pada April 2021 TikTok mengembangkan fiturnya dengan memunculkan fitur TikTok Shop. Kondisi tersebut membuat TikTok menjadi sasaran untuk media promosi dengan menampilkan produk dan layanan dengan konten yang menarik. Agar mampu menarik konsumen untuk membeli produk blouse wanita diperlukan strategi pemasaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh endorsement dan potongan harga terhadap keputusan pembelian produk blouse wanita di akun tiktok Adhiva Amalia. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yaitu mahasiswi dari tiga Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang. Responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan uji kuesioner, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis determinan dan uji hipotesis.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa endorsement dan potongan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Blouse wanita pada akun Tiktok Adhiva Amalia secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan kontribusi kuat. Dari hasil penelitian ini diharapkan Blouse wanita pada akun Tiktok Adhiva dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap ensorsement yang dibuat serta memberikan potongan harga yang menarik untuk konsumen sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Article Details

How to Cite
Rahmatillah, R., & Patma, T. S. (2024). PENGARUH ENDORSEMENT DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BLOUSE WANITA PADA APLIKASI TIKTOK (tiktok: Adhiva Amalia). Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(2), 393–401. https://doi.org/10.33795/jab.v10i2.4264
Section
Articles