PEMBUATAN IKLAN VIDEO MENGGUNAKAN APLIKASI INSHOT DI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA COBAENTA SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode action research untuk mengetahui efektivitas iklan video sebagai media iklan. Pengukuran efektivitas video di penelitian ini menggunakan indikator EPIC dan AIDA. Dengan cara membagikan kuesioner mengenai tanggapan dari para ahli, pemilik dan beberapa konsumen. Para ahli yang dimaksudkan adalah ahli videografi dan ahli pemasaran. Terdapat 20 orang termasuk 1 ahli pemasaran, 1 ahli komputer, 1 owner, 3 orang yang sudah pernah membeli, dan 14 orang dewasa yang belum pernah membeli sebagai responden di penelitian ini. Penelitian ini telah melalui dua siklus, siklus 1 menerangkan bahwasannya video masih kurang baik maka dari itu perlu untuk dilanjutkan ke siklus 2. Pada siklus 2 video iklan Cobaenta Surabaya dikatakan baik dan layak dengan skor EPIC rate 4,79 dengan kategori sangat efektif dan metode analisis AIDA sebesar 94,9 persen dengan kategori sangat baik