EFEKTIFITAS IKLAN E-CATALOGUE DI INSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT BELI MENGGUNAKAN CORELDRAW X7 PADA TOKO CAHAYA BANYUWANGI

Main Article Content

Muhammad Arif Nugraha
Dwi Sudjanarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-catalogue pada Instagram Toko Cahaya Banyuwangi dengan aplikasi CorelDraw. Penelitian ini menggunakan metode Action Research dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Jumlah partisipan diambil sebanyak 15 yang terdiri dari, 1 owner, 2 ahli pemasaran, 2 ahli desain, dan 10 calon pembeli. Pengukuran efektifitas pengembangan desain diukur dengan metode EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, Communication) dan pengukuran minat beli konsumen diukur dengan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Hasil skor dimensi EPIC yang menyatakan bahwa hasil rata-rata dimensi empathy sebesar 4,3, dimensi persuasion sebesar 4,16, dimensi impact sebesar 4,43 dan dimensi communication sebesar 4,4. Dengan hasil EPIC Rate sebesar 4,3. Hasil skor dimensi AIDA yang menyatakan bahwa hasil rata-rata dimensi attention sebesar 4,5, dimensi interest sebesar 4,26, dimensi desire sebesar 4,27 dan dimensi action sebesar 4,3. Dengan hasil skor rataan sebesar 4,3. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain e-catalogue yang dibuat sangat efektif untuk digunakan sebagai media iklan yang mampu menarik minat beli calon konsumen di Toko Cahaya Banyuwangi.

Article Details

How to Cite
Nugraha, M. A. ., & Sudjanarti, D. . (2023). EFEKTIFITAS IKLAN E-CATALOGUE DI INSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT BELI MENGGUNAKAN CORELDRAW X7 PADA TOKO CAHAYA BANYUWANGI. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 126–131. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.516
Section
Articles