PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM ECOMMERCE SHOPEE PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE
Main Article Content
Abstract
Saat ini, internet telah memungkinkan banyak orang untuk memasarkan produk secara online. Namun, terjadi ketidaksesuaian barang yang diterima konsumen sehingga dalam penelitian ini difokuskan untuk memprediksi perilaku konsumen untuk menetapkan keputusan pembelian dengan online customer review serta free ongkir. Riset ini tujuannya supaya memahami pengaruh online customer review serta free shipping kepada keputusan pembelian dalam platform E-commerce Shopee. Riset berikut sebagai suatu riset explanatory research. Populasi riset penelitian yakni mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang. Penghimpunan data yaitu melalui dari penyebaran kuesioner terhadap 110 responden mempergunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Menganalisis data yang dipakai yaitu menganalisis regresi linier berganda, pengujian t, dan pula pengujian F. Hasil uji t dan uji F menandakan yakni variabel online customer review dan gratis ongkir dengan parsial dan bersimultan ada pengaruhnya positif serta bersignifikan kepada variabel keputusan pembelian pada platform e-commerce Shopee. Diharapkan perusahaan lebih meningkatkan kemenarikan informasi mengenai fitur ulasan dan gratis ongkos kirim agar konsumen lebih mudah dalam melakukan keputusan pembelian.