PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Main Article Content

Afrida Riska Anggraini
Musthofa Hadi

Abstract

Perkembangan industri kecantikan diiringi pesatnya teknologi di era globalisasi mengubah paradigma baru dalam proses pemasarannya. Adanya electronic word of mouth dalam segmen promosi dan kesadaran akan pentingnya kualitas bagi suatu produk. Dua faktor tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh variabel electronic word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk MS Glow. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik sampling menggunakan non probability purposive sampling  dengan sampel berjumlah 100 responden. Teknik analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; electronic word of mouth dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Diharapkan untuk meningkatkan electronic word of mouth agar lebih berinteraksi dengan konsumen dalam hal bertukar informasi atau pendapat, serta memperhatikan tentang kualitas produk sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian berulang.

Article Details

How to Cite
Anggraini, A. R., & Hadi, M. . (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 179–185. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.535
Section
Articles