PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA

Authors

  • Muhammad Naufal Al Akbar Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Musthofa Hadi Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.4481

Keywords:

Mahasiswa, E-Commerce, Sosial Media Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner kepada 70 responden yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis secara parsial, sosial media marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand awareness bepengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujan hipotesis secara simultan menunjukan bahwa social media marketing dan brand awareness bepengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang melakukan keputusan pembelian di e-commerce Tokopedia dengan mempertimbangan sosial media marketing dan brand awareness. Diharapkan brand awareness Tokopedia dapat memberikan merchandise pada pembelian produk tertentu.

Downloads

Published

2024-06-17

How to Cite

Al Akbar, M. N., & Hadi, M. (2024). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 192–197. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.4481

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)