PEMBUATAN DESAIN KEMASAN PRODUK SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN APLIKASI CORELDRAW PADA UMKM HARRY BAKERY KOTA BATU
DOI:
https://doi.org/10.33795/jab.v11i1.6013Keywords:
Kemasan, Media promosi, CorelDRAW, UMKM Harry BakeryAbstract
Harry Bakery merupakan UMKM yang bergerak dibidang kuliner, produk yang dijual merupakan olahan kue basah jajanan pasar. Kemasan yang digunakan oleh UMKM Harry Bakery saat ini adalah Paper Lunch Box, kurang memberikan kesan yang menonjol atau membedakan dari kompetitor. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah Membuat desain kemasan produk yang dapat memperkenalkan identitas merek dan menyesuaikan dengan bentuk produk spiku, menggunakan aplikasi CorelDRAW, sehingga dapat dijadikan sebagai media promosi pada UMKM Harry Bakery kota Batu. Metode penelitian ini adalah metode Action Research. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 25 responden yang terdiri dari 1 pemilik, 2 ahli komputer(desain), 2 ahli Pemasaran, dan 20 konsumen. Hasil menunjukkan bahwa pada siklus 1 desain belum layak dipublikasikan karena masih terdapat kekurangan. Oleh sebab itu desain kemasan harus diperbaiki kembali pada siklus berikutnya. Pada siklus 2 hasil perhitungan skor EPIC berada pada angka 4,72 sehingga termasuk dalam kategori sangat efektif dan layak untuk dipublikasikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa desain kemasan yang dibuat menggunakan aplikasi CorelDRAW dapat digunakan sebagai media promosi yang sangat efektif. Diharapakan desain kemasan ini dapat diimplementasikan dan membantu UMKM Harry Bakery dalam mempromosikan produknya.