PENGARUH CITRA MEREK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI EIGER STORE JOMBANG
Keywords:
citra merek, inovasi produk, keputusan pembelianAbstract
Citra merek merupakan suatu gambaran atau kesan tentang suatu merek yang muncul dalam benak konsumen. Inovasi produk merupakan membuat produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga muncul minat beli terhadap produk tersebut, yang diharapkan dapat direalisasikan melalui keputusan pembelian. Citra merek dan inovasi produk dalam benak konsumen harus dilakukan agar tercipta kesan positif dan dapat memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Populasi penelitian ini adalah konsumen Eiger Store Jombang. Dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Begitu juga dengan inovasi produk yang secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa citra merek dan inovasi produk secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian ini diharapkan menjaga serta meningkatkan citra merek dan inovasi produk, agar dapat meningkatkan jumlah konsumen dalam melalukan pembelian produk outdoor Eiger Store Jombang.