PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MENANTEA JEMBER
Main Article Content
Abstract
Salah satu kedai yang memanfaatkan media sosial Instagram dalam promosinya yaitu Menantea Jember. Selain itu salah satu faktor penting dalam kegiatan promosi yaitu celebrity endorser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram dan celebrity endorser secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada Menantea Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden followers akun instagram Menantea Jember (@menantea.toko.jatim) dan menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorser memiliki pengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorser menjadi alasan para konsumen untuk melakukan keputusan pembelian di Menantea Jember.