PENGARUH HEDONIC MOTIVATION DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK FASHION H&M DI MALL SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hedonic motivation dan keragaman produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel hedonic motivation, keragaman produk dan keputusan pembelian. Dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner kepada 82 responden yaitu mahasiswa Politeknik Negeri Malang yang pernah melakukan pembelian secara online maupun offline pada produk fashion H&M di mall Surabaya dengan teknik non-probability sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisa koefisien determinasinya sebesar 84,2 persen. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh hedonic motivation dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya 15,8 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang digunakan adalah valid dan reliabel. Semakin tinggi hedonic motivation seseorang untuk berbelanja, maka semakin tinggi pula keputusan pembeliannya. Semakin tinggi keragaman produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan, maka akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen.