PENGARUH KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK HERBAL HPAI

Main Article Content

Hanif
Asminah Rachmi

Abstract

Kesadaran merek merupakan kemampuan merek untuk muncul dalam benak konsumen ketika sedang memikirkan produk tertentu. Citra merek merupakan suatu gambaran atau kesan tentang suatu merek yang muncul dalam benak konsumen. Kesadaran merek dan citra merek dalam benak konsumen harus dilakukan agar tercipta kesan positif dan dapat memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk herbal HPAI. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah konsumen Halal Mart HPAI Jojoran Surabaya dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda, uji t, serta uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Begitu juga dengan variabel citra merek yang secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa kesadaran merek dan citra merek secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian ini maka PT.HPAI diharapkan menjaga serta meningkatkan kesadaran merek dan
citra merek, agar dapat meningkatkan jumlah konsumen dalam melalukan pembelian produk herbal HPAI.

Article Details

How to Cite
Hanif, M. ., & Rachmi, A. . (2021). PENGARUH KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK HERBAL HPAI. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 13–16. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/1854
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)