PENGARUH IKLAN DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI POSKOPI ZIO JOMBANG

Main Article Content

Cavie Bertha Salsabila
Asminah Rachmi

Abstract

Iklan dan Sales Promotion merupakan bagian dari komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Poskopi Zio dalam memasarkan produknya serta mempertahankan eksistensi kedai ditengah maraknya Coffee Shop di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan memahami bagaimana iklan yang memberikan pengaruh dan sales promotion terhadap keputusan pembelian di Poskopi Zio Jombang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif yang dilakukan melalui cara memberikan kuesioner untuk 100 responden yang mana merupakan pembeli Poskopi Zio dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji t, hasil tersebut menunjukkan bahwa iklan dan sales promotion secara parsial atau sebagian memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada Poskopi Zio Jombang. Lalu berdasarkan hasil uji F, terlihat bahwa periklanan dan promosi penjualan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Poskopi Zio Jombang. Selain itu, berdasarkan hasil persamaan regresi linier berganda, variabel periklanan dan promosi penjualan memiliki kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Poskopi Zio Jombang yaitu sebesar 47,7 persen, sisanya disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu sebesar 52,3 persen. Dari hasil penelitian ini diharapkan Poskopi Zio dapat mempertahankan iklan dan meningkatkan sales promotion yang telah dibuat untuk lebih banyak menarik pelanggan.

Article Details

How to Cite
Salsabila, C. B., & Rachmi, A. . (2023). PENGARUH IKLAN DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI POSKOPI ZIO JOMBANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 154–159. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.489
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)