EFEKTIFITAS MEDIA PROMOSI MELALUI INSTAGRAM DENGAN PEMBUATAN E-CATALOG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PRO PADA UMKM REZA_LINTACRAFT MALANG

Main Article Content

Lailiya Rahmanatasya
Umi Khabibah

Abstract

Promosi yang dilakukan reza_lintacraft Malang adalah menggunakan word of mouth dan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk efektifitas media sosial Instagram dengan pembuatan E-Catalog yang akan menampilkan detail produk yang dijual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Action Research dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam hasil penelitian berdasarkan penyebaran kuesioner yang telah dibagikan 1 pemilik usaha, 1 karyawan, 2 ahli pemasaran, 2 ahli IT dan 10 calon konsumen. Pengukuran efektifitas desain dilakukan dengan menggunakan metode EPIC Model (Empathy, Persuasion, Impact, Communication). Hasil penelitian berdasarkan penyebaran kuesioner, didapatkan skor rataan dari masing – masing dimensi yang telah dihitung menggunakan EPIC Model. Skor rataan tertinggi terdapat pada dimensi impact yang masuk dalam kategori sangat efektif. Hal itu dikarenakan desain E-Catalog sudah jelas menampilkan informasi terkait detail produk yang ditawarkan oleh reza_lintacraft Malang, serta tampilan desain dibuat dengan kreatif. Maka kesimpulan yang dapat diperoleh adalah E-Catalog produk yang dibuat sangat efektif untuk digunakan sebagai efektifitas media sosial Instagram pada reza_lintacraft Malang.

Article Details

How to Cite
Rahmanatasya, L., & Khabibah, U. (2023). EFEKTIFITAS MEDIA PROMOSI MELALUI INSTAGRAM DENGAN PEMBUATAN E-CATALOG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PRO PADA UMKM REZA_LINTACRAFT MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 1–6. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.3348
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)