PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINISO

Main Article Content

Renny Dwi Setyawati
Tri Yulistyawati Evelina

Abstract

Perusahaan ritel dapat berkembang apabila keputusan pembelian produknya tinggi. Salah satu perusahan ritel di Indonesia yang berkembang pesat adalah Miniso. Miniso merupakan perusahaan ritel modern dari Jepang yang menawarkan berbagai macam barang pilihan untuk kaum muda. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing instagram dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Miniso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan social media marketing instagram dan brand image sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dibagikan kepada 100 responden dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yaitu uji Validitas, uji Reliabilitas, uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda dan uji Hipotesis. Hasil analisa data melalui uji hipotesis parsial menunjukkan variabel social media marketing dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji hipotesis simultan menunjukkan variabel social media marketing dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 59,3 persen dan sisanya 40,7 persen dipengaruhi faktor lain diluar penelitian. Selanjutnya dapat diambil kesimpulan variabel social media marketing instagram dan brand image secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Miniso. 

Article Details

How to Cite
Setyawati, R. D., & Evelina, T. Y. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINISO. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 25–29. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.3386
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)