PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN KOREAN WAVE TERHADAP PURCHASE DECISION PRODUK NACIFIC DI INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Pasar global menyebabkan bertambahnya variasi produk dari mancanegara yang masuk ke Indonesia yang mendorong konsumen untuk melakukan evaluasi ekstra karena alternatif pilihan produk semakin banyak. Pertimbangan yang dilakukan semakin meluas, salah satunya mengenai negara asal produk atau Country of Origin. Preferensi masyarakat juga semakin meluas karena Korean Wave. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel Country of Origin dan Korean Wave terhadap Purchase Decision, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menjelaskan hubungan antara variabel. Populasi penelitian ini adalah konsumen produk Nacific di Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner google-form kepada 100 responden melalui Twitter. Setelah itu, data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan diberikan oleh Country of Origin dan Korean Wave terhadap Purchase Decision; semakin tinggi nilai yang diberikan oleh Country of Origin dan Korean Wave, semakin tinggi pula Purchase Decision. Kedua variabel bebas tersebut terbukti memberikan pengaruh baik secara simultan atau parsial. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Country of Origin dan Korean Wave berpengaruh terhadap Purchase Decision. Perusahaan dapat mempertahankan strategi pemasarannya dan lebih menjelaskan keunggulan produknya yang berasal dari Korea Selatan.