PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MALANG

Main Article Content

Aldinda
Tri Yulistyawati Evelina

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-service quality dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 2 variabel bebas yaitu variabel E-service quality (X1) dan variabel Kepercayaan (X2) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan Teknik purposive sampling dengan 100 responden. Teknik Analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil Analisa regresi berganda menunjukkan bahwa kontribusi variabel e-service quality dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian sebesar 77,4 persen sedangkan sisanya 22,6 persen merupakan kontribusi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Uji t dalam variabel e-service menunjukkan e-service quality dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Uji F menunjukkan bahwa secara simultan e-service quality dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-service quality dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Diharapkan pihak Shopee dapat memperhatikan terkait dengan beban biaya pengiriman dan penanganan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Aldinda, A., & Evelina, T. Y. (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 86–91. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.523
Section
Articles