PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI KATALOG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA UMKM TOKO BANGUNAN PELANGI HIBATULLAH DOKO BLITAR

Authors

  • Za'farona Qoshirotuthorfi Maqshuroh Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Umi Khabibah Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.4503

Keywords:

Media Promosi, Katalog, Canva

Abstract

Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan, prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, serta metode pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner kepada 10 responden dalam upaya menciptakan media promosi yang lebih efektif dan efisien serta dapat meningkatkan penjualan. Teknik EPIC digunakan untuk mengevaluasi kinerja desain sepanjang dimensi empati, persuasi, dampak, dan komunikasi oleh 1 pemilik bisnis, 2 profesional pemasaran, 2 pakar multimedia, dan 5 konsumen potensial. Penelitian berdasarkan penyebaran kuesioner mengungkapkan bahwa skor rata-rata EPIC Rate sangat efektif, menempatkannya pada kelompok sangat efektif; Hal ini menunjukkan bahwa katalog yang dikembangkan memenuhi kriteria katalog unggul. Dimensi komunikasi mendapatkan hasil tertinggi dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan teknik Epic sehingga katalog yang dikembangkan sangat berguna untuk digunakan sebagai media pengembangan promosi.

 

Downloads

Published

2024-06-17

How to Cite

Maqshuroh, Z. Q., & Khabibah, U. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI KATALOG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA UMKM TOKO BANGUNAN PELANGI HIBATULLAH DOKO BLITAR. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 198–202. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.4503

Issue

Section

Articles