PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI KATALOG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA UMKM TOKO BANGUNAN PELANGI HIBATULLAH DOKO BLITAR
Main Article Content
Abstract
Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan, prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, serta metode pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner kepada 10 responden dalam upaya menciptakan media promosi yang lebih efektif dan efisien serta dapat meningkatkan penjualan. Teknik EPIC digunakan untuk mengevaluasi kinerja desain sepanjang dimensi empati, persuasi, dampak, dan komunikasi oleh 1 pemilik bisnis, 2 profesional pemasaran, 2 pakar multimedia, dan 5 konsumen potensial. Penelitian berdasarkan penyebaran kuesioner mengungkapkan bahwa skor rata-rata EPIC Rate sangat efektif, menempatkannya pada kelompok sangat efektif; Hal ini menunjukkan bahwa katalog yang dikembangkan memenuhi kriteria katalog unggul. Dimensi komunikasi mendapatkan hasil tertinggi dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan teknik Epic sehingga katalog yang dikembangkan sangat berguna untuk digunakan sebagai media pengembangan promosi.