PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM REELS MENGGUNAKAN SONY VEGAS SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI PT GRESIK CIPTA SEJAHTERA KOTA GRESIK
Main Article Content
Abstract
PT Gresik Cipta Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, penyaluran produk PT Petrokimia Gresik Group seperti pupuk subsidi, pupuk non subsidi, dan bahan kimia. Berdasarkan hasil pengamatan, media sosial Instagram milik PT Gresik Cipta Sejahtera kurang efektif dalam mempromosikan produk mereka dan hanya berfokus memposting gambar event atau program perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan konten instagram reels menggunakan Sony Vegas sebagai media promosi di PT Gresik Cipta Sejahtera Kota Gresik. Penelitian ini menggunakan metode action research dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah responden yang diambil sebanyak 30 responden yang terdiri dari 1 pemilik usaha, 2 ahli pemasaran, 2 ahli multimedia dan 25 calon konsumen. Pengukuran efektivitas desain diukur dengan metode EPIC. Dari hasil keseluruhan dimensi EPIC memperoleh nilai skor 4,1 yang termasuk dalam kategori efektif. Hal tersebut menandakan responden sangat setuju bahwa video promosi sudah efektif digunakan sebagai media promosi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa video promosi yang dibuat efektif untuk digunakan sebagai media promosi di Instagram Reels PT Gresik Cipta Sejahtera. Dengan adanya konten video ini diharapkan PT Gresik Cipta Sejahtera dapat melanjutkan untuk membuat video secara rutin untuk mempromosikan produk dan memperkenalkan usaha kepada calon konsumen.