PENGARUH BRAND AMBASSADOR (DUTA MEREK) DAN BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA

Authors

  • Mutia Syahidah Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Asminah Rachmi Politeknik Negeri Malang, Indonesia

Keywords:

brand ambassador, brand image, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia pada mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang yang telah melakukan pembelian di Tokopedia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling untuk mendapatkan data sampel sejumlah 127. Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesa. Berdasarkan uji regresi berganda yang telah dilakukan, diperoleh persamaan Y = 3,704 + 0,166 X1 + 0,855 X2 + e. Hasil analisa determinan menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,593 yang berarti kontribusi brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia sebesar 59,3%. Hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa variabel brand ambassador dan variabel brand image secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Diharapkan Tokopedia selalu meningkatkan perhatian pada faktor brand ambassador dan brand image sehingga dapat meningkatkan pembelian.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Syahidah, M., & Rachmi, A. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR (DUTA MEREK) DAN BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 205–208. Retrieved from https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/7074

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)