PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI CHUSEYO MALANG
Main Article Content
Abstract
Keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, dua di antaranya adalah gaya hidup dan kelompok referensi. Kopi Chuseyo Malang merupakan kedai kopi yang memperhatikan faktor-faktor tersebut. Hal ini terlihat dari gaya hidup masyarakat yang menyukai kopi yang tersedia berbagai macam varian rasa dan kelompok referensi yang mengadopsi tempat tersebut sebagai tempat berkumpulnya para konsumen yang menyukai budaya korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 80 responden dengan teknik purposive sampling. Analisa data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya hidup dan kelompok referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. sebaiknya mempertahankan faktor peranan Gaya Hidup yang disesuaikan dengan kelompok referensi sesuai dengan segmentasi pasar sasaran utama agar dapat meningkatkan Keputusan pembelian konsumen.