PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING DI SHOPEE
Main Article Content
Abstract
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel hedonic shopping motivation (X1), shopping lifestyle (X2), dan impulse buying (Y) berpengaruh pada variabel impulse buying secara parsial atau simultan. Penlitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, dan sampelnya terdiri dari 70 mahasiswa program studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang, yang dipilih melalui teknik sampling multistage. variabel hedonic shopping motivation maupun shopping lifestyle memengaruhi variabel impulse buying secara parsial maupun secara simultan, kedua variabel tersebut juga memengaruhi impulse buying. Hasil analisa data yang dilakukan menggunakan pengujian hipotesis dan analisis regresi berganda. Penelitian ini menghasikan bahwa gaya hidup berbelanja hedonis dan motivasi untuk berbelanja dapat mendorong mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang dalam berbelanja tanpa adanya perencanaan. Oleh karena itu, dalam mencapai tujuannya perusahaan perlu meningkatkan program diskon dan menyediakan produk berkualitas tinggi dilakukan dengan cara yang efektif dan efisien.