PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN POSITIVE EMOTIONS TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA D-IV MANAJEMEN PEMASARAN POLITEKNIK NEGERI MALANG

Authors

  • Muhammad Reza Ikhwandrie Wijaya Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Baroroh Lestari Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.3849

Keywords:

marketplace, berbelanja, mahasiswa, pembelian spontan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel independen Shopping lifestyle (X1), positive emotions (X2), dan variabel dependen impulse buying (Y). Penelitian ini memakai metode pengumpulan data kuesioner kepada 70 responden yang merupakan mahasiswa/i D-IV Manajemen Pemasaran tingkat 1-4 dengan menggunakan Teknik sampling multistage sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data. Berdasarkan uji hipotesis parsial, variabel shopping lifestyle memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel impulse buying, sedangkan variabel positive emotions tidak memberikan hasil yang positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hasil pengujian hipotesis secara simultan memberikan hasil bahwa shopping lifestyle, dan positive emotions secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa/i D-IV Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang melakukan impulse buying di shopee karena gaya hidup berbelanja (Shopping lifestyle) dan emosi positif (positive emotions). Berdasarkan hasil penelitian ini, e-commerce shopee harus mempertahankan dan terus meningkatkan pelayanan, kualitas produk, dan efisiensi waktu checkout hingga pengiriman ke alamat tujuan.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Wijaya, M. R. I., & Lestari, B. (2023). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN POSITIVE EMOTIONS TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA D-IV MANAJEMEN PEMASARAN POLITEKNIK NEGERI MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 103–109. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.3849

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>