PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LAYANAN GOFOOD

Main Article Content

Susi Nur Wijayanti
Baroroh Lestari

Abstract

Terjadinya kemajuan perkembangan teknologi yang sangat pesat memunculkan kebiasaan baru bagi masyarakat, khususnya generasi Z. Masyarakat kini gemar melakukan pembelian secara online, termasuk dalam pembelian makanan. Di dalam melakukan pembelian ini, tentu ada faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen. Faktor tersebut diantaranya ada harga dan citra merek. Maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar adanya pengaruh harga dan citra merek dapat ternalisis terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, karena variabel bebasnya ditentukan oleh harga dan citra merek, sedangkan variabel terikat ditentukan berdasarkan keputusan pembelian. Penyebaran 100 kuesioner online kepada responden dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dimana hal itu digunakan dalam proses pengumpulan data. Kemudian dalam menganalisis data dilakukan analisis regresi serta uji hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu keputusan pembelian dapat terjadi karena adanya pengaruh harga dan citra merek baik secara parsial maupun simultan. Guna meningkatkan terjadinya keputusan pembelian, maka harus memperhatikan harga dan citra merek yang sangat baik. Usaha tersebut akan dapat terlaksana jika dilakukan penetapan harga yang sesuai harapan konsumen, memperhatikan harga pesaing, mempelajari perilaku konsumen dan mengikuti tren terkini.

Article Details

How to Cite
Wijayanti, S. N., & Lestari, B. (2023). PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LAYANAN GOFOOD. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 120–125. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.513
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>