PENGARUH INFLUENCER MEDIA SOSIAL DAN KONTEN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PISCOCOL DI KOTA MALANG

Main Article Content

Sigit Try Yustiawan
Baroroh Lestari

Abstract

Media sosial menjadi kebutuhan yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Peran influencer menjadi faktor kunci dalam mengubah cara interaksi brand dengan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh influencer media sosial dan konten media sosial, baik secara individual maupun bersama-sama, terhadap minat beli konsumen terhadap produk Piscocol. Penelitian ini dilakukan dalam format penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti mencakup Influencer Media Sosial (X1), Konten Media Sosial (X2), dan Minat Beli Konsumen (Y). Partisipan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian produk dari Piscocol. Data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner kepada 60 responden, dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data, menggunakan metode analisis regresi linier berganda serta pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa baik influencer media sosial maupun konten media sosial memiliki dampak yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada Piscocol meliputi upaya menjalin kerjasama jangka panjang dengan influencer untuk terus menarik minat pembeli potensial dan juga mempertahankan kualitas konten yang menarik, informatif, dan bermanfaat.

Article Details

How to Cite
Yustiawan, S. T., & Lestari, B. (2023). PENGARUH INFLUENCER MEDIA SOSIAL DAN KONTEN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PISCOCOL DI KOTA MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 160–168. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.3827
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>