PENGOPTIMALAN IKLAN DENGAN DESAIN FEED INSTAGRAM BERBASIS APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP DI RUMAH PAKAN SIDOARJO

Main Article Content

Muhammad Reza Pratama
Umi Khabibah

Abstract

Periklanan merupakan suatu sarana yang digunakan sebagian besar perusahaan untuk menarik konsumen dan calon konsumen untuk melakukan pembelian. Media periklanan yang digunakan selama ini oleh Rumah Pakan Sidoarjo adalah brosur, word of Mouth dan Instagram. Promosi yang dilakukan melalui media sosial Instagram dinilai kurang maksimal karena informasi yang disajikan tidak diperbaharui dan desainnya kurang menarik. Oleh karena itu diperlukan optimasi berupa desain feed Instagram yang menarik dengan menggunakan Adobe Photoshop. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain feed Instagram sebagai media periklanan yang menampilkan detail produk yang dijual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Temuan penelitian ini berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada pengusaha, dua pakar pemasaran, dua pakar IT, dan sepuluh konsumen. Dalam mengukur ffektivitas desain menggunakan metode EPIC Model yaitu Empathy, Persuasion, Impact, Communication (EPIC). Berdasarkan hasil analisis melalui penyebaran kuesioner, ditentukan skor rata-rata setiap dimensi yang dihitung dengan menggunakan model EPIC. Tingkat EPIC mencapai nilai 4,65. Nilai rata-rata tertinggi terdapat pada dimensi empati yang termasuk dalam kategori “sangat efektif”. Hal ini dikarenakan desain feed Instagram meninggalkan kesan menarik dan mengalami perubahan signifikan dibandingkan sebelumnya serta desainnya dirancang secara kreatif.


 

Article Details

How to Cite
Pratama, M. R., & Khabibah, U. (2023). PENGOPTIMALAN IKLAN DENGAN DESAIN FEED INSTAGRAM BERBASIS APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP DI RUMAH PAKAN SIDOARJO. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 98–102. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.4155
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>