PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner kepada 70 responden yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis secara parsial, sosial media marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand awareness bepengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujan hipotesis secara simultan menunjukan bahwa social media marketing dan brand awareness bepengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang melakukan keputusan pembelian di e-commerce Tokopedia dengan mempertimbangan sosial media marketing dan brand awareness. Diharapkan brand awareness Tokopedia dapat memberikan merchandise pada pembelian produk tertentu.