PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA SPOTIFY PREMIUM

Main Article Content

Alexander Ahadiin Caesar Abdul Maliki
Musthofa Hadi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh customer experience dan perceived value terhadap loyalitas pengguna Spotify premium di kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 90 responden pengguna Spotify premium di Kota Malang dengan pengambilan teknik sampling purposive sampling yang dengan kriteria: menggunakan atau pernah menggunakan Spotify premium minimal 2 kali, berusia 18-35 tahun dan berdomisili di Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t (1) customer experience tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, nilai signifikansi 0,235 lebih besar dari 0,05 (2) perceived value berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. (3). Customer experience dan perceived value secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan ditunjukkan dengan nilai F hitung 33,378 lebih besar dari 3,10 F tabel. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa customer experience secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan perceived value secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan customer experience dan perceived value berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Spotify diharapkan memperbaiki pengalaman pelanggan yang berkaitan dengan memberikan segi fitur yang berbeda dari aplikasi streaming musik digital lain agar dapat mendorong dan membentuk loyalitas pelanggan yang lebih baik.

Article Details

How to Cite
Maliki, A. A. C. A., & Hadi, M. (2024). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA SPOTIFY PREMIUM. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 225–230. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.465
Section
Articles