PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU VENTELA
Main Article Content
Abstract
Sepatu ventela merupakan brand sepatu lokal. Melalui kualitas produk yang dihasilkan dan keberhasilan dalam upaya membangun Brand Image melakukan kolaborasi dengan orang ternama membuat sepatu merek Ventela banyak digemari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian sepatu ventela pada Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan variabel bebas kualitas produk (X1) dan brand image (X2), serta variabel terikat keputusan pembelian (Y). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 116 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji parsial yang diperoleh bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, pada variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada Uji Simultan diperoleh bahwa kualitas produk dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2022/2023 melakukan keputusan pembelian sepatu ventela dengan mempertimbangkan kualitas produk dan brand image.