PEN GARUH INOVASI PRODUK DAN IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI

Authors

  • Firda Ardani Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Musthofa Hadi Politeknik Negeri Malang, Indonesia

Keywords:

inovasi produk, iklan media sosial instagram, keputusan pembelian, Smartphone Xiaomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan iklan media sosial instagram terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi. Penelitian ini merupakan explanatory research menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah followers dari Xiaomi Indonesia. Data dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner online kepada 91 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, serta uji F. Hasil penelitian ini menghasilkan persamaan regresi linier berganda yaitu Yʹ = 11,838 + 0,457X1 + 0,243X2 + e dan hasil koefisien determinasi sebesar 0,566. Hal tersebut diartikan bahwa kemampuan variabel Inovasi Produk (X1) dan Iklan Media Sosial Instagram dalam menjelaskan variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 56,6% dan sisanya yaitu sebesar 43,4 % merupakan kontribusi variabel lain diluar penelitian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel Inovasi Produk (X1) dan Iklan Media Sosial Instagram (X2) secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Untuk mempertahankan hal tersebut perlu dilakukan peningkatkan dalam inovasi produk smartphone Xiaomi khususnya terkait tentang desain dari produk dikarenakan pada item tersebut memiliki penilaian terendah sehingga perlu adanya perbaikan.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Ardani, F., & Hadi, M. (2021). PEN GARUH INOVASI PRODUK DAN IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 285–288. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/7092

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)