PENGARUH CONTENT MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE THE ORIGINOTE
Main Article Content
Abstract
Di era digital, media sosial seperti TikTok menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen melalui Content Marketing dan juga wadah interaksi dan berbagi pengalaman pengguna, menghasilkan E-wom. Namun, kekhawatiran konsumen terhadap klaim produk yang tidak sesuai di TikTok dapat berakibat pada penjualan dan review produk The Originote. Penelitian ini mempunyai tujuan guna melangsungkan pengujian dan analisis terkait pengaruh Content Marketing dan E-wom terhadap keputusan pembelian produk skincare. Teknik pengumpulan data dijalankan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden di Mahasiswa Politeknik Negeri Malang dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh melalui uji parsial memperlihatkan bahwa tiap variabel Content Marketing dan e-wom secara parsial memberi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil yang diperoleh melalui uji simultan menunjukan bahwa variabel Content Marketing dan e-wom secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Berdasar kepada hasil penelitian ini bisa dibentuk ke dalam suatu kesimpulan bahwa Content Marketing dan e-wom secara parsial dan simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. The Originote perlu meningkatkan lagi bujukan dengan menciptakan konten yang menarik dan diharapkan dapat meningkatkan keahlian pengirim dengan pengetahuan yang lebih dalam lagi.