PENGARUH SALES PROMOTION DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOPEEFOOD

Authors

  • Vicko Dafa Alvinsyah Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Baroroh Lestari Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.1229

Keywords:

ShopeeFood, Sales Promotion, E-WOM, Keputusan Pembelian Online

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin canggih, memunculkan kebiasaan baru bagi masyarakat terutama dalam melakukan pembelian secara online termasuk pembelian makanan. Penelitian ini ditujukan untuk melihat dampak pada variabel Sales Promotion dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian Online ShopeeFood pada mahasiswa PTN di Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data ini yaitu dengan melakukan penyebaran angket pada 100 mahasiswa dan menggunakan metode purposive sampling. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Variabel bebas terdiri dari Sales Promotion dan E-WOM sedangkan variabel terikat adalah Keputusan Pembelian Online. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa variabel Sales Promotion dan E-WOM secara parsial maupun simultan berdampak positif terhadap Keputusan Pembelian Online. Guna meningkatkan Sales Promotion dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian Online, ShopeeFood diharapkan dapat terus memberikan dan meningkatkan Sales Promotion agar dapat beradaptasi serta dapat menarik langsung konsumen untuk membeli. Sedangkan untuk kegiatan E-WOM, ShopeeFood diinginkan tetap memberikan informasi yang menarik guna memudahkan calon konsumen menggali informasi dan meyakinkan konsumen terhadap ShopeeFood melalui media sosial.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Alvinsyah, V. D. ., & Lestari, B. (2022). PENGARUH SALES PROMOTION DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOPEEFOOD. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 73–78. https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.1229

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>