MEDIA PROMOSI DENGAN KONTEN FEEDS INSTAGRAM MENGGUNAKAN CANVA PADA KONSUMEN PEGADAIAN SINGOSARI KAB. MALANG
Main Article Content
Abstract
Pegadaian Bentoel melakukan promosi dengan brosur, word of mouth, dan melalui whatsapp. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat design konten feeds Instagram menggunakan Canva pada Pegadaian Bentoel, sebagai sarana untuk meningkatkan media promosi kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan / action research dengan melibatkan 15 responden yang terdiri dari Pembina lapangan, 2 ahli komputer, 2 ahli pemasaran dan 10 konsumen. Penelitian tindakan ini dilakukan sampai dengan siklus II. Berdasarkan teori EPIC (Emphaty, Persuasion, Impact, dan Communication) dan dari hasil penyebaran kuesioner, didapatkan hasil skor rata-rata sangat efektif. Dari rincian skor rata-rata EPIC dapat disimpulkan bahwa design konten promosi melalui Feeds Instagram yang dibuat menggunakan Canva, dapat dinyatakan sangat efektif sebagai media promosi.