PENGARUH BRAND AWARENESS DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PRODUK PT PETROKIMIA GRESIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen pada produk PT Petrokimia Gresik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel yang digunakan adalah brand awareness (X1), electronic word of mouth (X2), keputusan pembelian (Y), dan kepercayaan konsumen (Z). Populasi yang digunakan adalah konsumen petani pada produk pupuk PT Petrokimia Gresik. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner secara offline diberikan kepada 70 responden. Analisa data penelitian ini menggunakan analisa deskriptif, evaluasi model pengukuran (outer model), evaluasi model struktural (inner model), uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness berpengaruh langsung terhadap kepercayaan konsumen, brand awareness tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Begitu juga dengan variabel electronic word of mouth berpengaruh langsung terhadap kepercayaan konsumen, electronic word of mouth berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Diharapkan dapat mengadakan sosialisasi maupun demostrasi penggunaan pupuk menggunakan komunikasi yang lebih kontruktif dengan menggunakan audio visual yang melibatkan peran dari anggota petani dengan bahasa lokal setempat.