PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PESENKOPI KOTA MALANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian di Pesenkopi Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel bebas yaitu promosi (X1) dan harga (X2) serta keputusan pembelian sebagai variabel terikat (Y). Metode pengambilan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner secara online dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden yang pernah membeli produk Pesenkopi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adjusted R2 sebesar 0,410 yang dapat diartikan bahwa besarnya konstribusi pengaruh variabel yang diteliti sebesar 41,0%, Sedangkan sisanya sebesar 59,0% dipengaruhi oleh variable tidak diteliti. Hasil uji t pada variabel promosi memiliki nilai thitung sebesar 4,686 > ttabel yaitu 1,66256 dengan nílai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dengan demikian diperoleh hasil promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t pada variabel harga menunjukkan thitung sebesar 4,172 > t tabel yaitu 1,66256 dengan nílai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dengan demikian diperoleh hasil yakni, harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Uji F menunjukkan nilai Fhitung 31,899 > Ftabel 3.10 dan signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya promosi dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Pesenkopi Malang.