PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BITES CAKE MALANG
Main Article Content
Abstract
Promosi sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sebuah bisnis. Sebuah promosi dari sebuah produk dapat memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk yang ditawarkan. Berdasarkan observasi lapangan, promosi yang dilakukan oleh Bites Cake Malang sudah efektif dilakukan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampling accidental untuk dibagikan kuesioner diperoleh sebanyak 75 responden dari konsumen Bites Cake Malang. Kuesioner dibagikan secara online melalui media google form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis. Hasil dari analisis dengan nilai Adjusted R sebesar 0,641 yang berarti bahwa kontribusi variabel yang terjadi pada variabel keputusan pembelian (Y) 64,1 persen ditentukan oleh X1 dan X2 selebihnya 35,9 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji T disimpulkan bahwa secara parsial, promosi dan kualitas produk masing – masing memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji F, promosi dan kualitas produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Bites Cake Malang.