PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO DI MARKETPLACE SHOPEE

Main Article Content

Ahmad Khowiyun Nur Aziiz
Achmad Zaini

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 70 responden dari mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang yang merupakan konsumen produk Erigo di Marketplace Shopee melalui grup whatsapp dengan media googleform dan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesa. Hasil pengujian hipotesis secara parsial, menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa online customer review, dan online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa adanya pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian sebesar 47,2 persen dan 52,8 persen sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa online customer review dan online customer rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Erigo di Marketplace Shopee.

Article Details

How to Cite
Aziiz, A. K. N., & Zaini, A. (2024). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO DI MARKETPLACE SHOPEE . Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 41–47. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.3601
Section
Articles