PENGARUH BRAND IMAGE DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BATIK TIEPOEK KABUPATEN TRENGGALEK

Main Article Content

Salma Husna Rosydah
Rizky Kurniawan Murtiyanto

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanation research menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik sampling proposive. Variabel yang digunakan  adalah brand image (X1), customer experience (X2) dan Kepuasan Konsumen (Y). Data dikumpulkan dengan cara observasi dan kuesioner disebarkan pada 100 responden. Hasil dari analisa regresi liner berganda menunjukan persamaan Y = 10,275 + 0,367X1 + 0,542X2 + e dengan koefisien determinasinya adalah 0437. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y adalah sebesar 43,7 persen, sedangkan sisanya 57,5 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji parsial variabel brand image diperoleh 2,327 > ttabel (1,660) dan variabel customer experience diperoleh 4,999 > ttabel (1,660), sedangkan hasil dari uji simultan Fhitung 37,654 > Ftabel (3,09). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel brand image dan customer experience secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada batik Tiepoek Trenggalek. Oleh karena itu, diharapkan bahwa batik Tiepoek dapat meningkatkan brand yang sudah terkenal karena menjadi salah satu batik khas Trenggalek, meningkatkan kepuasan konsumen dengan memberikan kesan yang baik dengan pelayanan dan produk yang memuaskan. Batik Tiepoek disarankan memperluas melalui dunia digital untuk memperluas jangkauan pasar.

Article Details

How to Cite
Rosydah, S. H., & Murtiyanto, R. K. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BATIK TIEPOEK KABUPATEN TRENGGALEK. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 80–85. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.3744
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)