PENGARUH CONTENT MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING

Main Article Content

Alya Devy Khalidiya Cintya Imara
Rizky Kurniawan Murtiyanto

Abstract

Meningkatnya jumlah konsumen yang menggunakan produk perawatan kulit khususnya perawatan wajah hingga perawatan tubuh mendorong persaingan antar perusahaan perawatan kulit. Agar dapat bersaing, diperlukan strategi pemasaran yang menarik untuk mempercepat keputusan pembelian konsumen, antara lain menerapkan content marketing dan celebrity endorser bagi perusahaan. Perusahaan perawatan kulit menggunakan jasa celebrity untuk mempromosikan produk kecantikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Scarlett whitening.Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di kota Malang. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,551 atau 55,1%. Hal ini menunjukkan bahwa content marketing dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett whitening secara parsial maupun simultan dengan kontribusi sebesar 55,1% dan sisanya sebesar 44,9% dipengaruhi oleh variabel lain.Dari hasil penelitian ini, content marketing dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk. Saran yang diberikan kepada pihak perusahaan membuat konten yang mudah dipahami dan sebaiknya memilih celebrity endorser dikenal luas oleh masyarakat sehingga produk dapat dilihat lebih unggul. Scarlett whitening harus menerapkan strategi pemasaran memanfaatkan content marketing dan memilih celebrity endorser populer untuk meningkatkan keputusan pembelian.


 

Article Details

How to Cite
Imara, A. D. K. C., & Murtiyanto, R. K. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING . Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 94–99. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.3940
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)